Keraton Surakarta Hadiningrat

Pengarang: 
Muhammad Irfan .R. , Sri Cahyani Putri .P. (ISI Surakarta)

It appears your Web browser is not configured to display PDF files. Download adobe Acrobat or click here to download the PDF file.

Abstrak: 

Keraton Surakarta Hadiningrat berada di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah Indonesia (Ahmad Wafa Aminudin, 2014). Keraton ini mempunyai luas 54 hektar dari alun-alun utara sampai alun-alun selatan.Penduduk di Keraton Surakarta terdapat raja, ratu beserta anaknya yang disebut dengan Sentana serta para abdi dalem. Sentana dan para abdi dalem bertempat tinggal di kompleks Baluwarti.
Baluwarti merupakan tempat tinggal raja dan keluarganya beserta para abdi dalem terdekat raja. Selain itu Baluwarti juga sebagai batas istana keraton. Di dalam Kompleks Baluwarti terdapat nama kampung sesuai dengan orang yang menempatinya, misalnya Kampung Wirengan terletak dari pintu gerbang (lawang gapit) sampai pintu selatan (kori brajanala). Dinamakan Wirengan karena berasal dari kata wireng yang berarti penari wayang orang. Ditempat ini ditinggali para abdi dalem dan keluarga raja yang mengurusi tentang tarian wayang orang.

 

Sumber: 
http://sipadu.isi-ska.ac.id/
Thursday, August 11, 2016 - 03:43