Baluarti Keraton Kacirebonan / Bambang Irianto, Dyah Komala Laksmiwati ; editor, R. Iman Sudibyo

Tajuk Subjek: 
Cirebon -- Kehidupan sosial dan adat istiadat
Keraton Kacirebonan -- Sejarah
Deskripsi Fisik: 
51 halaman : ilustrasi ; 21 cm.
Abstrak/Ringkasan: 

Selain mengacak-ngacak Keraton Kacirebonan, Belanda juga pernah menggagalkan Pangeran Raja Kanoman yang akan dionobatkan menjadi Sultan di Keraton Kanoman. Alasannya adalah karena pangeran dianggap berbahaya.

Semenjak itulah rakyat Cirebon mulai berontak dan melakukan perlawanan terhadap Belanda. Pada akhirnya Belanda menyerah dan merelakan Pangeran Raja Kanoman dikembalikan untuk diangkat menjadi Sultan. Ia pun diberi gelar Sultan Amiril Mukminin Mohammad Chaeruddin II sebagai Sultan Kacirebonan.

Tahun 1814, Sultan Amiril Mukminin Mohammad Chaeruddin II wafat. Istrinya, Ratu Lasminingpuri meminta hak Sultan Kacirebonan. Dengan gaji yang tidak pernah diambil oleh suaminya itu, ia membangun Gedung Keraton Kacirebonan yang hingga kini masih ada dan telah menjadi cagar budaya.

Buku ini dimaksudkan sebagai tanda kasih kepada para leluhur di Cirebon. Agar masyarakat asli Cirebon mengenal lebih mendalam lagi keberadaan dari sejarah tentang Keraton Kacirebonan.

Mengapa penting kita mengenalnya? Karena memang Keraton Kacirebonan ini punya banyak makna simbolik dari setiap benda-benda peninggalannya. Kaya akan kabar-kabar luar biasa yang bernafaskan Islam.

Buku yang bisa didapatkan di Kantor Keraton ini menjadi panduan penting untuk masyarakat luas soal budaya Cirebon. Wajib punya sebagai dokumentasi penting berharga dan tentu saja sambil berkunjung ke tempat wisata sejarah satu ini. (edi)

Keterangan Publikasi: 
Yogjakarta : Deepublish, 2012
Catatan Umum: 

Bibliografi : Hlm. 47-49

 

ISBN: 
978-602-8981-43-9
No Panggil Lokal: 
915.982 319 BAM b
Edisi: 
Cet.2
Bahasa: 
Sumber Katalogisasi: 
JKPNPNA
Kode Wilayah: 
a-io-jb
Tajuk Utama: 
Bambang Irianto, H.M., 1958-
Tajuk Tambahan: 
Dyah Komala Laksmiwati, 1978-
Iman Sudibyo, R.
Last modified: 
Thursday, August 17, 2017 - 19:32